Colour of Indonesia

Just another WordPress.com weblog

10 TIPS SEHAT SELAMA PUASA RAMADHAN

yaa ayyuhaa alladziina aamanuu kutiba ‘alaykumu alshshiyaamu kamaa kutiba ‘alaa alladziina min qablikum la’allakum tattaquuna
[Al Baqaroh 2:183] Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Tips Puasa

Puasa dalam islam sebagai bentuk pelatihan pengendalian diri,pikiran, dan perut yang dapat menstabilkan sekresi hormon yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti pada beberapa penelitian ilmiah menemukan bahwa puasa dengan pengendalian religius bermanfaat untuk kesehatan seperti regenerasi selsel tubuh yang berdampak pada pengeluaran racun tubuh (detoksifikasi), pengendalian tekanan darah dan kolesterol. 

 

Berikut beberapa TIPS agar tetap sehat dan produktif selama berpuasa:

  1. Minum yang cukup (1,5 Liter – 3 liter per hari). Selama 14 jam tidak meminum air, tubuh akan beresiko dehidrasi. Dianjurkan orang yang berpuasa mengkonsumsi air minum terutama saat berbuka, setelah sholat Magrib, sehabis sholat Tarawih dan saat makan Sahur. Hindari minuman bersoda karena membuat perut kembung. Minuman terbaik adalah air putih.
  1. Menunggu waktu berbuka, 10 menit duduk sambil menunggu waktu berbuka, membantu mengaktifasi enzym‐enzym pencernaan sehingga menjadi siap kembali bekerja saat waktu berbuka tiba, agar gangguan lambung akibat peningkatan asam lambung secara tiba‐tiba bisa dihindari.

 

  1. Berbuka jangan berlebihan, ingat hampir 14 jam pencernaan kita beristirahat, saat berbuka dianjurkan cukup dengan sepotong kue manis atau 1‐3 biji kurma atau 1 potong buah segar dan segelas air jus buah (tanpa es) atau air putih atau separuh gelas kolak manis. Hindari gorengan atau makanan pedas saat berbuka serta hindari minuman mengandung Cafein seperti kopi karena akan mengganggu jadwal tidur anda. Makanan utama sebaiknya disajikan sehabis sholat Maghrib.
  1. Jangan makan terlalu banyak, berbuka secukupnya dan jangan terlalu kenyang, karena akan mengakibatkan mengantuk saat sholat Tarawih tiba. Di usahakan menu makanan sehat tetap dijaga.
  1. Makan dan Minum 2 – 3 jam sehabis berbuka atau setengah jam sehabis sholat Tarawih dianjurkan, namun secukupnya saja.
  1. Tidur Cukup. Selama berpuasa waktu tidur sedikit berkurang karena aktiftas Ibadah di malam hari, sebaiknya hindari bergadang dan sebaiknya tidur lebih awal agar saat bangun untuk Sahur badan menjadi lebih segar, bila memungkinkan tidur atau istirahat (cukup ½ jam) menjelang sholat Dhuhur diyakini membantu memulihkan energi hingga sore hari.
  1. Kurangi Olahraga berat, selama berpuasa olah raga masih diperbolehkan, waktu yang dianjurkan untuk berolahraga adalah sore hari menjelang berbuka dan malam hari, disarankan tidak melakukan olah raga melebihi 30 menit karena risiko dehidrasi.
  1. Jangan melewatkan waktu Sahur, makan waktu Sahur penting untuk membentuk cadangan energy agar mencukupi untuk aktifitas besok hari, usahakan makan, makanan yang cukup karbohidrat (nasi/kentang/umbi), sayuran hijau dan buah, dan makanan mengandung protein, segelas susu sebagai penutup waktu sahur sangat dianjurkan.
  1. Usahakan kurangi paparan terik matahari di siang hari, saat berada di luar rumah, pakailah pakaian longgar dan gunakan payung agar terhindar dari dehidrasi. tanda dehidrasi muncul seperti rasa lemas, sakit kepala, menurunnya kemampuan untuk berkonsentrasi dalam pekerjaan.
  1. Puasa bagi pengidap penyakit tertentu, seperti Diabetes, Darah tinggi dan lain lain yang mengkonsumsi obat rutin, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter anda untuk penyesuaian waktu meminum obat dan pengaturan diet secara lebih khusus selama berpuasa.

Selamat Menyambut Ramadhan Ya

-Husniyah Suhusiah-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 13, 2015 by in Kesehatan.
%d bloggers like this: